Notification

×

Iklan

Iklan

Survey Mata Air Bungko Lesak, Kades Badumpayan; Untuk Pengembangan Potensi Desa

25/03/2022 | 11:05 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-26T04:01:01Z

BALUT, TEROPONG BANGGAI - Komitmen pemerintah Desa Badumpayan untuk terus membangun dan mengembangkan semua potensi desa terus dilakukan. Hal itu terlihat dari antusias Kepala Desa Badumpayan Samin S. Mulungan beserta tokoh masyarakat dalam melakukan survey mata air di pegunungan Bungko Lesak Desa Badumpayan Kec. Banggai Tengah Kab. Banggai Laut, Kamis 24/03/2022.

Mata air yang terletak sekira 5 km dari ibu kota Desa Badumpayan itu ditempuh oleh kades beserta tim dengan berjalan kaki. Mata air itu juga merupakan mata air keempat yang diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan warga Desa Badumpayan.

Menurut Kepala Desa Badumpayan Samin S. Mulungan, bahwa khusus untuk mata air gunung Bungko Lesak, diharapkan mampu mencukupi kebutuhan air untuk mendukung program pemerintah Desa dalam hal pengembangan pertanian dan kelompok budidaya air tawar.

"Mata air ini untuk pengembangan program pertanian hortikultura dan budidaya ikan air tawar," tuturnya.

Lebih lanjut pria paruh baya tersebut menjelaskan bahwa pemerintah Desa Badumpayan akan terus berupaya mengembangkan setiap potensi Desa yang ada, termasuk peluang dalam menciptakan destinasi wisata.

"Jika kebutuhan air terpenuhi, maka banyak program yang bisa kita lakukan, karena Desa ini memiliki banyak potensi," lanjutnya.


Dari hasil kunjungan tersebut, pemerintah desa bersama tokoh masyarakat menganggap bahwa debit air di pegunungan Bungko Lesak akan mampu mencukupi kebutuhan air, tinggal selanjutnya wacana tersebut akan dibawa ke forum masyarakat Desa Badumpayan untuk di musyawarahkan.

"Kita anggap boleh mata air itu dijadikan sebagai sumber mata air ke empat di Desa, sehingga saya mengajak kepada seluruh masyarakat Badumpayan, marilah kita sama-sama bergandengan tangan untuk membangun Desa yang kita cintai ini," tutup Kades Badumpayan 3 periode tersebut.

Di tempat terpisah bapak Arianto, Bendahara Desa Badumpayan yang sebelumnya menjabat sebagai KAUR Perencanaan menjelaskan bahwa banyak program pemerintah desa yang sudah disepakati dengan masyarakat, seperti program penanaman hortikultura, program desa 1 rumah 1 kolam ikan, pemancingan ikan gabus dan lain-lain.

"Semua kelancaran program tersebut tidak dapat tercapai tanpa dukungan serta support dari seluruh pihak, terutama masyarakat Desa Badumpayan itu sendiri," tutupnya. ***AAN

×
Berita Terbaru Update