Notification

×

Iklan

Iklan

Genjot Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banggai Laut Terus Berbenah

07/04/2022 | 03:29 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-07T10:40:50Z
BALUT, TEROPONG BANGGAI - PEMERINTAH Kabupaten Banggai Laut melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Banggai Laut terus berupaya menanamkan minat membaca terutama kepada para pelajar tingkat dasar. Hal itu terlihat dari kegiatan Dispersip yang terus melakukan pembenahan perpustakaan termasuk program penambahan koleksi buku, hingga program perpustakaan keliling.

Dalam pantauan media Teropong Banggai, terlihat pegawai sedang sibuk menyajikan beberapa koleksi buku untuk 2 (dua) orang siswa SD Negeri Inpres Bobolon yang berkunjung untuk membaca sekaligus meminjam buku, Kamis 07/04/2022.

Menurut Kepala Bidang Perpustakaan Dispersip Banggai Laut, Ajapin Ajis, S.Pd bahwa pihaknya akan terus melakukan pembenahan untuk meningkatkan minat baca masyarakat dengan melengkapi fasilitas penunjang termasuk koleksi buku bacaan.

"Kita telah mengajukan permohonan penambahan buku, semoga semua berjalan sesuai dengan yang kita harapkan," ujarnya.

Selain itu, pihak Dispersip Banggai Laut juga sementara menyusun agenda rutin perpustakaan keliling untuk turun kesekolah-sekolah, setelah melakukan beberapa penyesuaian agenda selama bulan puasa.

"Sementara ini kita juga lagi menyusun agenda untuk turun kelapangan bersama perpustakaan keliling, dan Insya Allah akan dimulai nanti hari Senin," tambahnya.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banggai Laut, H. Ramli, SKM, MM saat melakukan kunjungan perpustakaan keliling di SD Negeri Inpres Adean beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa apa yang mereka lakukan adalah sebagai bentuk dari penjabaran Visi dan Misi Bupati Banggai Laut, yakni mendorong pertumbuhan Sumber Daya Manusia dengan memaksimalkan keberpihakan pemerintah daerah pada pendidikan formal maupun non formal.

"Ini (perpustakaan keliling: red) adalah bentuk penjabaran dari Visi dan Misi bupati yang akan terus kita kembangkan," jelasnya.

Sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan minat baca masyarakat Banggai Laut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan juga melayani pengunjung selama hari dan jam kerja, baik untuk membaca ditempat maupun peminjaman buku untuk di bawa pulang dengan jumlah dan jangka waktu tertentu.

"Boleh membaca disini, boleh juga dibawa pulang maksimal 3 (tiga) buku dan dikembalikan paling lambat 1 (satu) minggu, dan itu gratis," tutur pegawai yang sedang bertugas. ***Azis
×
Berita Terbaru Update