Notification

×

Iklan

Iklan

SMP Negeri 2 Banggai Selatan dan SMP Negeri Satap Tolokibit Sukses Selenggarakan ANBK Tahun 2022

22/09/2022 | 00:00 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-23T01:14:27Z
TEROPONG BANGGAI, BALUT - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah evaluasi program yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di satuan pendidikan.

Pelaksanaan ANBK diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang literasi dan numerasi. Sebanyak 47 siswa yang berasal dari SMP Negeri 2 Banggai Selatan dan SMP Negeri Satap Tolokibit yang mengikuti kegiatan ini ditunjuk langsung oleh Kementrian Kebudayaan Riset dan Teknologi. Selain untuk siswa, ANBK juga dilaksanakan untuk guru dengan mengisi Survei Lingkungan Belajar.

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Banggai Selatan H. Azis, S.Pd, bahwa pelaksanaan kegiatan ANBK tahun 2022 dilakukan secara mandiri dengan moda online, namun dengan berbagai pertimbangan termasuk jaringan internet sehingga pelaksanaanya dilakukan di SMP Negeri 1 Banggai.

Di tempat terpisah, Kepala Sekolah SMP Negeri Satap Tolokibit Hj. Rahmawati H.I, S.Pd, mengatakan bahwa pihaknya sangat antusias untuk melaksanakan kegiatan tersebut, sehingga kendala-kendala yang diahadapi bukan sebagai penghambat dalam pelaksanaan ANBK tahun 2022 ini.

Kegiatan ANBK yang berakhir pada hari ini, kamis 22/09/2022 berjalan dengan aman dan lancar. Dalam pantauan Teropong Banggai, siswa dan pengawas serta guru mengikuti kegiatan dengan antusiasme penuh, sehngga kegiatan ini pun berjalan sesuai dengan yang diharapkan para pihak penyelenggara.

Lebih lanjut, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Banggai Selatan H. Azis, S.Pd berharap kegiatan ini dapat menjadi tolok ukur untuk mengetahui tingkat literasi membaca bagi para peserta, mengevaluasi, serta merefleksikan beragam jenis teks. 

"Tujuan lain diadakannya ANBK ini adalah untuk memperoleh hasil belajar sosial, emosional atau karakter para siswa. Selain itu ada juga tujuan dari ANBK ini yaitu untuk meningkatkan mutu sekolah atau pendidikan dari waktu ke waktu," Tutupnya. ***AAN
×
Berita Terbaru Update