Notification

×

Iklan

Iklan

Dorong Kemandirian Pangan, Desa Paisubebe Bina Masyarakat Budidaya Karamba Jaring Apung

14/06/2023 | 06:20 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-17T14:48:17Z

BALUT, TEROPONG BANGGAI - Menanggapi program ketahanan pangan nasional, pemerintah Desa Paisubebe Kecamatan Bokan Kepulauan Kabupaten Banggai Laut, melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk membudidayakan karamba jaring apung.

Menurut kepala Desa Paisubebe, Dewanto bahwa budidaya perikanan dengan sistem karamba jaring apung dapat menjadi solusi dari ketidak pastian para nelayan dalam menggeluti mata pencahariannya sehari-hari.


"Sekarang para nelayan di Desa Paisubebe sudah agak susah dalam mencari nafkah, berbeda dengan dulu apalagi yang masih mengandalakan sistem manual seperti memancing dan menyelam. Sehingga kami dari pemerintah desa mencoba mendorong masyarakat untuk membudidayakan karamba jaring apung," tuturnya.


Lebih lanjut kades menjelaskan bahwa masyarakat menyambut baik ide dan gagasan tersebut, sehingga dapat membuat satu karamba jaring apung. Dan beberapa hari yang lalu sudah dilakukan panen raya.


"Kami sudah ada satu karamba (jaring apung:red) dan sudah panen, alhamdulillah hasilnya lumayan memuaskan," pungkasnya.


Selain itu, kades juga mengeluhkan keterbatasan fasilitas dan anggaran, sehingga sejauh ini pihaknya baru berhasil membuat satu karamba jaring apung sementara masih banyak masyarakat yang berkeiginan untuk ikut membudidayakan karamba jaring apung.

"Banyak yang mau dan prospeknya juga luar biasa, cuma karena keterbatasan modal sehingga sejauh ini baru satu yang berhasil terbentuk. Namun kami berharap ada bantuan dari berbagai pihak baik itu dari pemerintah maupun dari pengusaha yang tertarik untuk berinvestasi," terang kades.


Budidaya karamba jaring apung ini, Dewanto melanjutkan, selain menghidupkan kegiatan ekonomi desa, hal ini juga secara jangka panjang  dapat berkontribusi dalam pelestarian ekosistem bawah laut. /AAN

×
Berita Terbaru Update