Notification

×

Iklan

Iklan

Tingkatkan Kapasitas Perangkat Desa dan BPD, Pemdes Malino Padas Gelar Pelatihan

09/07/2023 | 20:49 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-10T03:56:29Z


BALUT, TEROPONG BANGGAI - Pemerintah Desa (Pemdes) Malino Padas, Kecamatan Banggai Selatan, Kabupaten Banggai Laut terus mendorong peningkatan sumber daya manusia bagi perangkat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Salah satunya dengan menggelar pelatihan penguatan kapasitas BPD, Karang Taruna dan Perangkat Desa. Minggu, (9/7/23).

Pelatihan ini diselenggarakan atas inisiasi Pemdes Malino Padas dengan menghadirkan berbagai narasumber.


Menurut Sekdes Malino Padas, Maylwan Monasi bahwa kegiatan pelatihan kali ini diikuti oleh BPD, Karang Taruna dan Perangkat Desa.


’’Pelatihan diikuti seluruh perangkat desa dan BPD,’’ tuturnya.


Lebih lanjut Sekdes juga menjelaskan, pelatihan ini sebagai implementasi kewajiban pemdes dalam meningkatkan kualitas sumber daya perangkat desa dan BPD. Maksud dari kegiatan, sambung Maylwan, perangkat desa dan BPD perlu mendapatkan penguatan kembali kedudukan, tugas, dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.


’’Untuk perangkat desa, dengan pelatihan ini mereka bisa meningkatkan kinerja. Terutama dalam mengatur tata kelola pemerintahan dan kepentingan masyarakat desa, serta upaya mengurangi kesalahan administrasi dengan orientasi menjadi pemerintahan yang tertib dan transparan,’’ jelasnya.


Selain itu, BPD juga nantinya dapat mengambil peran untuk menjalankan tugas dan fungsinya secara lebih maksimal sesuai ketentuan. 


’’Terutama membangun sinergitas antara BPD dan pemdes dalam melaksanakan siklus administrasi pemerintahan desa dalam berbagai proses,’’ lanjut sekdes.


Pada kegiatan pelatihan tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Kadis PMD-P3A Nurdin Musa, S.Sos. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan pemberdayaan serupa untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (sdm) para penyelenggara pemerintahan desa.


"Semoga kedepannya banyak desa yang terinspirasi dari Desa Malino Padas untuk melakukan kegiatan pemberdayaan seperti ini," kata kadis.


Pada kegiatan tersebut, turut hadir Tenaga Ahli (TA) P3MD Mulyanto, SE, Pendamping Desa Syafrudin, S.Pd, dan Sekcam Banggai Selatan, Abd Latif Almahdalih, SH.


Lebih lanjut, Sekdes Malino Padas juga berharap para peserta yang hadir dapat membawa manfaat berupa pemahaman akan kedudukan, tugas dan fungsi. Ini agar terbangunnya sinergi antara BPD dan pemdes.


"Tak kalah penting adalah terwujudnya pemenuhan kewajiban pemerintah desa secara tepat waktu sesuai ketentuan serta membangun hubungan yang harmonis dan positif antara pemdes dan BPD,’’ tutup sekdes. /AAN

×
Berita Terbaru Update