Notification

×

Iklan

Iklan

Desa Koyobunga Wakili Kecamatan Bulagi Utara Dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2024

24/04/2024 | 03:14 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-01T23:39:46Z

BANGKEP, TEROPONG BANGGAI
- Desa Koyobunga Kecamatan Bulagi Utara mewakili kecamatan dalam Lomba Desa Tingkat Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Tahun 2024 dengan Tema “Stabilitas Politik, Sosial dan Ekonomi Mewujudkan Desa/Kelurahan Berdaya Saing Menuju Indonesia Emas” yang dalam hal ini penilaian nya dilaksanakan di Kantor Desa Koyobunga Kecamatan Bulagi Utara. Minggu (21/04/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh Tim Penilaian Lomba Desa tingkat Kabupaten Banggai Kepulauan Tahun 2024 yang berasal dari Pemerintah Daerah Kabupaten terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dipimpin oleh Bupati Banggai Kepulauan yang diwakili oleh Dra. Jein Rorim Pandai, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Aris Susanto, SE., ME.
, Ketua TP PKK Banggai Kepulauan diwakili Marice Mandanga, serta Tim Terpadu dari OPD terkait.
Turut hadir juga dalam Penilaian Lomba Desa ini adalah Camat Bulagi Utara Nonce Yaalis, SH., Kepala Puskesmas Bulagi Utara diwakili Elhut Sapitung, SKM, Korwil Dikbud Kecamatan Bulagi Utara Weli Mosooli, S.Pd., Babinsa Bulagi Uatara, Kepala Desa se Kecamatan Bulagi Utara, dan Masyarakat Desa Koyobunga serta tamu undangan.
Pj. Kepala Desa Koyobunga, Leni Samana dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada tim penilai dari Pemerintah Kabupaten, support dan dukungan dari Kecamatan Bulagi Utara, Pemdes dan masyarakat Desa Koyobunga serta pihak-pihak yang turut mensukseskan kegiatan loba desa tersebut.

“Harapan kami semoga Desa Koyobunga dapat menjadikan momentum ini dalam membenahi berbagai aspek untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat″. Pungkasnya.
Bupati Banggai Kepulauan dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Dra. Jein Rorim Pandai sekaligus membuka secara resmi kegiatan penilaian lomba desa mengatakan bahwa Lomba Desa merupakan salah satu Program Nasional, yang dilaksanakan berdasarkan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015, tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Lomba Desa adalah bentuk pembinaan dan pengawasan pemerintah dengan melakukan penjaringan desa dan kelurahan berprestasi.

Dengan demikian evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tidak hanya untuk mengetahui status tingkat perkembangannya, namun juga untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat serta untuk mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat, daya saing desa dan kelurahan yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
Pelaksanaan lomba Desa dan kelurahan tahun 2024 adalah untuk memetakan dan memperoleh Desa dengan kinerja terbaik untuk di jadikan lokasi percontohan (LABSITE) dalam upaya mengakselerasi pemerataan pembangunan, sekaligus meningkatkan motivasi dalam pengembangan dan penerapan inovasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa Di Kabupaten Banggai Kepulauan.
Tujuan pelaksanaan lomba desa dan kelurahan tahun 2024, yaitu melakukan evaluasi terhadap kinerja pemerintahan desa dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan mengetahui capaian desa dan kelurahan selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat di desa sebagai sarana apresiasi pemerintahan pusat dan pemerintah daerah kepada pemerintah desa atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memandirikan, dan mensejahterakan desa dan menjadi media publikasi bagi desa serta Pemerintah Daerah dalam menyebarluaskan Inovasi dan potensi yang di miliki.
Desa yang memiliki daya saing tinggi tentunya akan menciptakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakatnya dan tentunya akan mampu menghadapi tantangan persaingan pasar bebas. Selain itu, daya saing desa dan kelurahan yang tinggi akan serta merta meningkatkan daya saing daerah dan daya saing Nasional. /JON
×
Berita Terbaru Update